Sistem Aplikasi Stok Persediaan Barang.


Abstrak Implementasi pengembangan sistem aplikasi stok barang pada PD. AROMA merupakan aplikasi perangkat lunak untuk mengolah data stok barang untuk mendukung pengambilan keputusan dalam pembelian barang oleh pihak gudang.

Kondisi saat ini data hasil program komputerisasi stok barang yang ada masih belum dapat dimanfaatkan secara optimal dan kurang user friendly. Oleh karena itu aplikasi yang dibuat diupayakan dapat menghasilkan informasi yang mendukung pengambilan keputusan perencanaan dalam pembelian barang oleh pihak managerial dengan menggunakan data yang sudah ada.

Sistem aplikasi stok barang ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall dengan tahapan-tahapan : analisis, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Perancangan proses dilakukan dengan menggunakan tool Data Flow Diagram (DFD) dan juga digunakan untuk mempresentasikan sistem atau perangkat lunak pada tingkatan abstraksi (penambahan aliran informasi dan fungsionalis yang lebih rinci : level 0, level 1, level 2, dst). DFD kemudian ditransformasikan kedalam modul-modul program untuk keperluan implementasi. Sedangkan perancangan basis data dilakukan dengan metode pemodelan Entity RelationShip Diagram (ER-Diagram).

Sistem aplikasi stok ini juga didukung oleh sistem basis data yang dirancang sedemikian rupa dengan menggunakan fasilitas Microsoft Access 97 dan dengan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.

Aplikasi yang dibuat mampu digunakan untuk mengetahui keadaan stok barang pada saat itu, dan menghasilkan pelaporan. Aplikasi menghasilkan keluaran antara lain data barang masuk, berdasarkan tanggal masuk, data barang keluar berdasarkan tanggal keluar, dan juga menghasilkan keluaran data stok barang yang tersedia.

About these ads
Categories: Uncategorized

Navigasi pos

Komentar ditutup.

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 342 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: