4 Tips Mudah Mencegah Rematik


Arthritis atau lebih dikenal dengan rematik identik dengan gangguan sendi yang menimpa orang berumur. Biasanya, akan muncul rasa nyeri ketika dua sendi saling bersentuhan satu sama lain setelah tulang rawan pelindung (zat yang mencegah tulang saling bersentuhan) sudah aus. Pemicu terjadinya arthritis cukup beragam, antara lain cedera sendi, masalah metabolisme, faktor keturunan, infeksi dan banyak faktor yang masih belum jelas pemicunya.

Orang yang terkena arthritis akan mengalami gejala tertentu, yaitu nyeri, peradangan dan kemerahan pada sendi serta rasa kaku dan pembengkakan. Pada arthritis yang lebih serius seringkali disertai dengan gejala yang lebih kompleks, seperti demam, pembengkakan kelenjar, penurunan berat badan, kelelahan, dan masalah pada paru-paru, jantung atau ginjal.

Agar terhindar dari rematik ada empat langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

Pertama, olahraga secara teratur, bukan hanya untuk kesehatan jantung tetapi juga sangat baik untuk otot, sendi dan tulang.

Kedua, peregangan. Setiap pagi setelah bangun tidur lakukanlah peregangan karena bisa meningkatkan kekuatan otot dan membantu meningkatkan rentang gerak sendi Anda. Pastikan Anda melakukan pemanasan otot dan sendi sebelum peregangan. Hal itu karena peregangan sebelum pemanasan, bisa memperburuk nyeri sendi dan bahkan menimbulkan ketegangan pada otot.

Ketiga, konsumsi makanan sehat dan bayak mengandung vitamin C serta kalsium. Kedua nutrisi tersebut sangat penting untuk kesehatan tulang dan otot.

Lalu, keempat, penuhi kebutuhan tubuh akan cairan, karena air membentuk 70 persen tulang rawan pada sendi yang bersifat sebagai pelumas sehingga tulang tidak bertemu satu sama lain.

Iklan