Apple: Perusahaan Teknologi Terbesar di Dunia


Apple mengambil alih posisi Microsoft sebagai perusahaan teknologi terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar pada hari Rabu. Pencapaian itu sebagai tonggak kebangkitan terbaru pembuat iPhone itu yang pernah hampir keluar dari bisnis pada 1990-an.

Saham Apple naik 2,8 persen di Nasdaq pada Rabu (26/5), saat saham Microsoft menggelepar. Kenaikan itu mendorong nilai pasar Apple di atas US$ 229 miliar di depan saingan lamanya itu.

Kedua saham berakhir melemah setelah penjualan akhir, tapi Apple berada di depan dengan nilai pasar sekitar US$ 222 miliar, sedangkan Microsoft US$ 219 miliar menurut data Reuters.

Saham Apple ditutup turun 0,4 persen di US$ 244,11 di Nasdaq, sementara Microsoft turun 4 persen ke titik terendah dalam tujuh bulan US$ 25,01.

Saham Apple bernilai lebih dari 10 kali dibandingkan 10 tahun yang lalu, dan mendapat keuntungan dari revolusi produk konsumer elektroniknya semacam iPod, iPhone dan laptop MacBook.

Terakhir kali Apple memiliki nilai pasar yang lebih tinggi dari Microsoft 19 Desember 1989, menurut Thomson Reuters Datastream.

Microsoft yang sistem operasinya berjalan di lebih dari 90 persen komputer pribadi di dunia, belum pernah mencapai tingkat pertumbuhan pada 1990-an.

Iklan