6 Tips Mudah Agar Mata Tidak Pedih Saat Memotong Bawang Merah


Mata Anda pedih saat memotog bawang merah? Jika ya, mata jadi pedih saat memotong bawang adalah persoalan klasik. Namun Anda bisa mencegah tangisan akibat bawang ini dengan enam cara mudah. Coba beberapa cara berikut ini:

1. Jangan pakai tangan
Jika Anda memang selalu memasak sendiri di rumah, beli saja food processor atau pengiris bawang. Pastikan Anda tidak memproses bawang terlalu lama di dalamnya, dan tunggu beberapa detik sebelum membuka tutupnya untuk memberi kesempatan gas, yang ditimbulkan oleh bawang yang terpotong, mengendap.

2. Dinginkan dulu
Simpan bawang di dalam lemari es, atau letakkan satu di dalam freezer selama beberapa menit sebelum dipotong. Meskipun bawang tidak perlu disimpan di dalam lemari es, bawang yang dingin tidak terasa begitu pedas untuk mata.

3. Potong dalam rendaman
Potong bawang di bawah air dingin untuk menghilangkan zat yang membuat iritasi sebelum hal itu dapat bereaksi terhadap mata Anda.

4. Hindari akarnya
Menurut The National Onion Association, Anda dapat mengurangi air mata ketika memotong bawang dengan memotong bagian atasnya lebih dulu, kemudian mengupas kulit terluarnya, dan biarkan akarnya utuh. Ujung akar dari bawang memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang, sehingga jika dipotong akan membuat mata pedih.

5. Bernafas lewat mulut
Cobalah menahan selapis roti (atau makanan apa pun) di antara gigi ketika Anda memotong bawang. Bernafas melalui mulut akan mengurangi kemungkinan zat yang membuat gatal naik ke hidung Anda, sehingga mengurangi pula kemungkinan untuk membuat pedih mata.

6. Buat tabungan bawang
Jika bawang merah termasuk bahan yang sering Anda gunakan saat memasak, rajang saja dalam jumlah yang cukup banyak sekali waktu, lalu simpan dalam container yang tertutup rapat di dalam lemari es. Waktu dan air mata akan dihemat.

Iklan