Kagum Kepada Koprol


Sekarang ini boleh dibilang dunianya situs jejaring sosial. Facebook dan twitter merupakan dua contoh situs jejaring sosial yang banyak peminatnya. Di luar kedua situs tersebut, muncul situs jejaring lokal buatan anak negeri yaitu Kopro l yang muncul awal 2009 dan didirikan oleh Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto.

Layanan Koprol sendiri memungkinkan pengguna ponsel untuk mengetahui anggota-anggota Koprol lain yang sedang berada di lokasi di sekitarnya, berbagi foto, berdiskusi, meresensi tempat-tempat atau melakukan check in di suatu tempat tertentu. Pada akhir Mei 2010 lalu, situs ini diakuisisi oleh Yahoo. Dalam akuisisi ini, Yahoo melakukan total buy out sehingga seluruh aset teknologi serta 11 orang karyawan Koprol, termasuk para pendirinya akan menjadi karyawan Yahoo.

Acara pengumuman akuisisi juga dihadiri secara khusus oleh Head of Yahoo South East Asia Yvonne Chang. Menurut Chang, Koprol merupakan pilihan akuisisi yang tepat bagi Yahoo, yang tengah memfokuskan pengembangannya di Indonesia. Yahoo dan Koprol tidak mau menyebutkan nilai akuisisi ini. Namun, pada April 2010, Yahoo sempat ‘melamar’ layanan berbasis lokasi asal New York, FourSquare, dengan tawaran senilai US$100 juta atau sekitar Rp 934 miliar.

Kagum

Saya sendiri kagum kepada Koprol karena dibuat oleh anak bangsa. Kekaguman ini karena ketiga orang pendiri Koprol memiliki kreativitas dan ketekunan sehingga mereka bisa membuat situs jejaring lokal yang unik. Kalau tidak unik, mana mungkin Yahoo akan membelinya, bukan?

Maju terus pelaku online Indonesia. Tunjukkan kreativitas sehingga kita tidak kalah oleh bangsa lain, terlebih oleh Malingsia, eh salah, Malaysia!

Iklan