Cara Menyembuhkan Penyakit Maag


SAKIT maag dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lain, seperti bronkitis, pendarahan, dan sakit kepala sebelah (migren). Maag juga bisa menimbulkan komplikasi di daerah tenggorokan berupa ISPA terutama kembalinya isi dan asam lambung ke tenggorokan (repluk). Hal ini bisa merasang timbulnya penyakit baru berupaa penyakit Asma.
Komplikasi berupa nyeri yang hebat dan muntah-muntah dapat mengakibatkan kekurangan cairan dalam tubuh si penderita, sedangkan luka besar bisa menimbulkan pendarahan ringan hingga berat. Bila hal ini tidak segera dioperasi bisa menyebabkan kematian.
Maag yang menahun tidak terlalu membahayakan dibandingkan sakit yang makin lama makin berat. Komplikasi penderita berat dan pendarahan umumnya adalah faktor stres. Sakit maag fungsional yang sering berulang tidak menyebabkan kompilkasi yang berat pasien terlambat berobat.
Ada beberapa cara untuk mencega agar supaya tidak sakit maag yakni:
l Mengurangi produksi asam lambung atau menghindari terlambat makan, stres, dan makanan serta minuman yang dapat menimbulkan asam lambung, seperti rokok, kopi, coklat dan makanan yang mengadung asam.
l Hati-hati penggunaan obat-obat penghilang rasa nyeri dan jangan dimakan pada saat perut kosong atau disertai obat-obat maag lainnya.
l Pola hidup yang teratur, makan dan tidur yang teratur. Banyak olahraga sebab untuk mengkuatkan asam lambung.
l Hindari makanan yang langsung merusak dinding lambung seperti makana mengandung cuka, merica dan bumbu-bumbu yang merasang.
Sedangkan makanan baik untuk dikonsumsi bagi penderita sakit maag adalah:
l Tidak merasang timbulkan asam lambung
l Bila sakit maag berat, makanlah makanan yang lunak seperti bubur dan porsinya sedikit.
l Makanan-makanan yang dapat meneteralkan asam lambung, roti susu atau roti marie
l Hindari makanan yang mengandung lemak dan minyak (gaji hewan)
l Hindari makanan seperti, beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, talas serta dodol.
* Buah-buah tidak mengandung asam dan bergetah. (semangka, pisang dan pepaya).

Iklan