13 Fenomena Langit Bakal Terjadi Tahun 2013


JadiBerita: Fenomena alam sangat menarik untuk diikuti, terutama jika kita bisa melihatnya secara langsung. Tentunya akan menjadi momen yang tak terlupakan. Berikut ini adalah 13 fenomena langit yang akan terjadi pada tahun 2013, yang dilansir Space.com, Jumat (4/1/2013).

Fenomena hujan meteor/id.news.yahoo.com

 

1. Konjungsi Jupiter (21 Januari)

Planet Jupiter bersinar terang

Fenomena ini terlihat sangat jelas pada malam hari terutama di daerah Amerika Utara. Saat ini terjadi, bulan dan planet terbesar dalam tata surya kita, Jupiter, akan terlihat lebih dekat jika kita melihatnya di langit malam. Fenomena ini adalah konjungsi bulan-Jupiter terdekat hingga tahun 2026.

 

2. Penampakan planet Merkurius (2-23 Februari)

Pada tanggal-tanggal tersebut, planet Merkurius akan bergerak cukup jauh dari sinar matahari, sehingga terlihat pada langit barat, segera setelah matahari terbenam. Merkurius akan berada di posisi paling jauh dari matahari pada tanggal 16 Februari, dan sebelum tanggal itu, planet tersebut akan sangat terang dari -1.2 sampai -0.6 magnitudo. Magnitudo adalah ukuran untuk tingkat terang objek langit, dan magnitudo negatif menunjukkan tingkat terang yang luar biasa.

 

3. Komet PANSTARRS (10-24 Maret)

Komet PANSTARRS

Komet PANSTARRS pertama kali ditemukan pada bulan Juli 2011, dan semakin terang sejak pertama ditemukan. Komet ini diperkirakan akan berada pada bentuk terbaiknya pada tanggal 10-24 Maret 2013. Selain itu, dalam waktu tersebut, komet ini akan berada paling dekat dengan matahari (45 juta kilometer) dan bumi (164 juta kilometer).

 

4. Gerhana bulan sebagian (25 April)

Fenomena ini akan menjadi gerhana bulan parsial yang sangat kecil, dan akan terlihat dengan sangat jelas pada Belahan Timur (Eropa, Afrika, Australia dan sebagian besar Asia). Gerhana ini tidak akan terlihat di daerah Amerika Utara.

 

5. Gerhana Matahari melingkar seperti cincin (9 Mei)

Fenomena ini terlihat seperti menempatkan satu koin uang receh di atas nikel: cincin sinar matahari tetap terlihat mengelilingi bulan. Pada titik gerhana terbesar, fase cincin akan berlangsung selama 6 menit, 4 detik. Warga Hawaii akan melihat gerhana parsial pada 15:48 waktu Hawaii, bulan akan menjadi kabur sekitar 32 persen dari lingkar matahari.

 

6. Planet saling ‘berdansa’ (24-30 Mei)

Yang dimaksud berdansa di sini adalah posisi planet Merkurius, Venus dan Jupiter yang selalu berubah-ubah tiap malam. Pada tanggal 28 Mei, planet Venus akan bersinar lebih terang dibandingkan planet Jupiter.

 

7. Bulan purnama terbesar 2013 (23 Juni)

Pada tanggal tersebut, bulan akan terlihat bulat sempurna dan 32 menit sebelumnya bulan akan berada pada titik terdekat dengan bumi pada 2013 pada jarak 356.991 km (supermoon). Selama hari itu juga akan terjadi pasang-surut air laut yang ekstrim.

 

8. Hujan meteor Perseid (12 Agustus)

Meteor Perseid

Saat fenomena ini terjadi, terdapat sekitar 90 meteor per jamnya dan dianggap sebagai salah satu fenomena tahunan terbaik. Fenomena ini bisa dijadikan tontonan untuk orang yang sedang berkemah atau orang yang senang menghabiskan waktu di bawah langit malam.

 

9. Gerhana Bulan Penumbra (18 Oktober)

Fenomena ini dapat dilihat di sebagian besar Asia, Eropa dan Afrika. Bagian tengah dan timur Amerika Utara bisa melihat fenomena Hunters’ Moon yang sedikit menggelap saat petang.

 

10. Gerhana Matahari campuran (3 November)

Fenomena ini termasuk gerhana matahari yang tidak biasa, karena gerhana berubah cepat dari melingkar menjadi total. Gerhana terbesar akan terjadi sekitar 402 km di lepas pantai Liberia. Jalur bayangan kemudian akan menyapu Afrika tengah, melewati sebagian Gabon, Kongo, Republik Demokratik Kongo, Uganda dan Kenya, sebelum berakhir saat matahari terbenam di perbatasan Ethiopia-Somalia.

 

11. Komet ISON (pertengahan November hingga Desember)

Komet ISON

Komet ini pertama ditemukan oleh dua astronom amatir, yaitu Vitali Nevski dari Belarusia dan Artyom Novichonok dari Rusia. Pada tanggal 28 November, komet tersebut akan berada dekat dengan matahari. Setelah itu, pada beberapa pekan berikutnya, komet ISON akan berada pada tempat terbaik untuk dilihat pada pagi dan malam hari dari belahan bumi utara. Ini membuatnya menjadi komet yang paling banyak ditonton sepanjang masa.

 

12. Pesona Venus (Desember)

Planet Venus akan memberikan pemandangan paling hebat untuk 2013 dan 2014 baik langit malam atau pagi hari. Venus menghiasi langit malam barat daya selama tiga jam setelah matahari terbenam pada awal bulan, dan 1,5 jam setelah matahari terbenam saat Malam Tahun Baru. Pada tanggal 6 Desember malam, Venus akan berada pada puncak kecemerlangannya.

 

13. Hujan meteor Geminid (13-14 Desember)

Fenomena ini dikatakan tontonan yang sangat menghibur, bahkan melebihi fenomena hujan meteor Perseid. Saat fenomena ini terjadi, Anda dapat melihat penampakan 120 meteor per jamnya.

Bagi para penikmat langit malam, tentunya fenomena-fenomena di atas tidak dapat dilewatkan begitu saja. Saksikan sendiri saat tanggal-tanggal yang sudah disebutkan di atas tiba. (tom)

Iklan